Pilih Bahasa

Tuesday 11 July 2017

Kapan sebaiknya membaca Surat al Kahfi ..?


Risalatul Qoriin Panduan bagi Pecinta Al Qur'an by In'amul Choiri

Sudah disebutkan oleh rasulullah saw bahwa surat al Kahfi  termasuk surat-surat dalam al Qur’an yang mempunyai kekhususan. Dan merupakan salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca rutin mingguan. Hal tersebut sama dengan surat surat lain yang secara spesifik ditunjukkan rasulullah agar didawamkan membacanya : ada yang harian ataupun mingguan, seperti (surat yasin, surat as sajadah, surat al Mulk, al Waqiah dll).

 Kapan kita sebaiknya membacanya ??? kalau kita melihat hadist hadist untuk amalan membaca al qur’an mingguan di anjurkan hari jum’at (perhitungan hari di dalam islam dimulai maghrib sampai dengan sebelum maghrib hari sesudahnya) hari jum’at bisa dibaca mulai kamis habis maghrib sampai jum’at sebelum jum’atan. Biasanya untuk malam jum’at membaca surat yasin, surat al waqiah, as sajadah, al Mulk Sedangkan surat al Kahfi kita bisa baca di hari jum’atnya setelah sholat shubuh.

Jadi kalau kita mengamalkan membaca mingguan bukan berarti mengkhususkan ibadah tertentu pada hari tertentu, akan tetapi lebih melakukan amal yang sesuai petunjuk yang disampaikan nabi Muhammad SAW kepada kita, dan tentunya petunjuk nabi itu pastilah BENAR. (mengandung segudang manfaat dan keutamaan), Diantara Manfaat yang disampaikan nabi adalah ;

1. Terhindar dari fitna Dajjal
Dajjal adalah seburuk buruknya makhluk yang pernah ada,Sosok kejam yang akan keluar pada akhir zaman ini nantinya akan membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam dan membawa kepada kesesatan dan Neraka. Hampir sulit melepaskan dari fitnah Dajjal akan tetapi ada penangkal yang diajarkan nabi Muhammad SAW yaitu “Membaca surat al Kahfi di hari Jum’at”

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

2. Mendapatkan pengampunan dosa
Salah satu yang diinginkan manusia adalah pengampunan dosa, sedikit amal akan tetapi kalau tidak punya dosa (dosanya diampuni) tentunya akan menjadi penyelamat dan memperoleh kenikmatan dari Allah SWT. Dan sungguh beruntung kita nabi memberitahu kita bahwa salah satu pengampunan dosa itu diletakkan di surat al Kahfi yang dibaca setiap hari Jum’at (seminggu sekali) sebagaiman sabdanya di ambil dari jalur said al khudri dan ibn umar :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

3. Mendapatkan pancaran cahaya petunjuk
Semua orang ingin hidupnya mudah, ringan dan tidak ada kesulitan meskipun di uji, inilah orang yang mendapatkan petunjuk, dan tidak ada petunjuk yang paling hebat dan Benar kecuali Allah yang memberikan petunjuk. Raih petunjukknya dengan mengamalkan baca surat al kahfi setiap hari jum’at

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)

4. Tidak akan diganggu syaitan
Dalam beberapa riwayat hadits disebutkan bahwa dengan membaca surat Al-Kahfi, maka itu bisa membuat setan tak mampu masuk dan mendekat untuk menggoda kita. Kita juga bisa terhindar dari segala marabahaya, sihir, dan segala bentuk keburukan baik dari alam ghoib maupun sesama manusia. 

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah  Bin Mughaffal disebutkan “Rumah yang dibacakan surah al-Khafi dan al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.”

Ayo Budayakan membaca surat al Kahfi setiap minggu sekali pada hari Jum’at pagi semoga kita mendapatkan barokah menjalankan perintah rasul dan manfaat sesuai yang disampaikannya. Aamiin.

by. In'amul Choiri

No comments:

Post a Comment