Pilih Bahasa

Friday 28 July 2017

Allah Mengumpulkan semua huruf hijaiyah dalam 1 ayat



Membahas al Qur’an tidak akan pernah ada habisnya, semakin dikaji semakin mendapatkan informasi yang luar biasa dan akan semakin mengetahui keistimewaan yang berada didalamnya. Karena al Qur’an berasal dari dzat yang maha sempurna.  Untuk itu kita hendaklah senantiasa berinteraksi dengan al Qur'an , mempelajarinya dan mengamalkan dalam kehidupan ini untuk mendapatkan kebaikan hidup dunia dan akhirat.
Bersama Hidayatul Qur'an membumikan al Qur'an

Allah SWT menyatakan didalam al Qur’an (وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللَّهِ قِيلًا) “Ucapan siapa yang lebi benar dibanding dengan Allah SWT”, Tentunya jawabannya “Tidak ada”. Beliau ingin menekankan kepada kita semua bahwa apa yang diturunkan oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad berupa Al Qur’an adalah kalamullah, firman firman Allah yang tidak ada sedikitpun keraguan didalamnya, yang kebenarannya adalah kebenaran mutlak yang harus di imani-diyakini sebagai pedomaman dan petunjuk bagi umat manusia.

Dan Jika kalian masih ragu akan kebenaran al Qur’an, maka  Allah SWT pun mempersilahkan bahkan menantang bangsa jin dan manusia (baik sendiri sendiri atau mereka semua bersatu) untuk mengkritisi dan membuat semisal ayat al Qur’an jika mereka menganggap diri mereka benar (وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ) . Dan kalian pasti tidak tidak akan mampu membuatnya sebagaimana firman Allah SWT (إِنْ لَمْ تَفْعَلُوا وَلَنْ تَفْعَلُوا). Tantangan itupun berlaku sampai saat ini dan sampai kapanpun dan terbukti tidak ada yang sanggup membuatnya sampai saat ini dan sampai kapanpun, inilah bukti bahwa Al Qur’an adalah dari yang maha kuasa dan yang maha sempurna.

Salah satunya keistimewaan dan keunikan di dalam al Qur’an surat al fath ayat 129. Apa Keistimewaannya dan keunikannya ??? Allah SWT mengumpulkan semua huruf hijaiyah didalam 1 ayat ini. Dan kandungan maknanya pun menceritakan tentang nabi Muhammad sebagai penerima al Qur’an. Sungguh ada makna yang tersirat dan tersurat dalam ayat ini. Dan merupakan gambaran agar manusia bisa mengambil pelajaran didalamnya. 

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar

Wallahu a’lam

By In’amul Choiri

No comments:

Post a Comment