Pilih Bahasa

Wednesday 10 May 2017

Tahukah jumlah ayat al Qur’an ???



Semua Orang Islam mengerti bahwa al Qur’an adalah Mukjizat terbesar yang diberikan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW sekaligus dapat dirasakan untuk ummatnya sampai hari akhir. Diberikan pahala bagi yang membacanya bukan perjuz, bukan per surat ataupun perayat akan tetapi diberikan pahala setiap huruf yang dibacanya.
Silaturrahiim di perum Wahana blok C 2014

Al Qur’an diturunkan sekaligus dari Lauhul mahfudz ke langit dunia (Baitul Izzah) dan diturunkan secara berangsur angsur dari Baitul Izzah ke nabi Muhammad SAW selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Berapa jumlah juznya ?  Terbagi menjadi 30 juz
Berapa Jumlah Suratnya ? Terbagi menjadi 114 surat
Berapa Jumlah Ayatnya ? Apakah benar 6666 ayat

Terdapat beberapa pendapat tentang jumlah ayat al-Qur’an. (Berdasarkan kitab al-Burhân fî ‘Ulûm al-Qur’ân, kitab Al-Itqân fî ‘Ulûm al-Qur’ân, Kitab Manâhil al-‘Irfân diambil dari Ust. Abd Shomad)

1. 6.204 ayat. 
2. 6.214 ayat 
3. 6.219 ayat 
4. 6.225 ayat 
5. 6.226 ayat 
6. 6.236 ayat

Pendapat yang paling masyhur 6.236 ayat. Perbedaan angka ini jangan menjadikan kita menvonis atau bahkan menuduh salah kepada ulama’yang menghitung, “Perbedaan hanya cara menganggap atau menghitung 1 ayat dalam 1 surat yang berbeda.” 

Contoh:
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Pendapat ulama mengatakan ayat diatas adalah 1 ayat, akan tetapi ada ulama yang berpendapat bahwa ayat tersebut diatas 2 ayat yaitu
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ
Ayat diatas ayat tersendiri dan yang dibawah ini ayat yang lain
غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ
Contoh diatas hanya untuk ilustrasi perbedaan didalam menghitung ayat.

Yang terpenting dari itu semua adalah SUDAHKAH KITA ?

1. Membacanya setiap hari ayat ayat yang berada di dalam al Qur’an (Jangan menunggu waktu luangmu akan tetapi luangkan waktumu untuk membacanya) 

2. Menghafalkannya (kedudukan yang mulya dijanjikan oleh Allah bagi yang hafidz al Qur’an) 

3. Mempelajari ayat ayat al Qur’an (Manfaatkan waktumu mempelajari al Qur’an dengan datang di majlis ilmu sebelum engkau disibukkan oleh Allah dengan umurmu : nggak kuat jalan, sakit-sakitan dll) 

4. Mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari (Ilmui lah segala amalmu karena itulah yang bernilai, dan beramal lah setelah berilmu karena itulah keutamaan.)

Kalau 1 hari 1 ayat yang kita mampu hafal maka 6.236 ayat / 365 hari = 17 tahun kita mampu menghafal al Qur’an. Berapa lama yang kita inginkan kan didalam menghafal al Qur’an maka target perhari itulah yang harus kita hafal. Misalnya perharinya 3 ayat insyallah dalam 5 tahun 8 bulan sudah hafal al Qur’an 30 Juz… mau mencoba ?

Demikian semoga bermanfaat. 

By In’amul Choiri

No comments:

Post a Comment