Pilih Bahasa

Friday 31 March 2017

Solusi perasaan Takut (Surat Ali Imran 173-174)



Al Imam Ja’far As Shoodiq Heran terhadap sikap manusia ketika mengalamai sesuatu masalah yang tidak menyenangkan bagi dirinya akan tetapi tidak tahu cara menyelesaikannya.


Padahal Allah swt sebagai pencipta manusia, sangat memahami makhluk ciptaan-Nya tersebut. Dan sudah ditunjukkannya dalam al Qur’an  bagaimana menyikapi pelbagai perasaan hati yang muncul sebagai respon terhadap masalah-masalah yang dihadapi manusia dalam menjalani kehidupan dunia.


Saat kita dihantui rasa takut terhadap sesuatu, baik bersifat konkrit ataupun abstrak, kadang kita justru melakukan kesalahan kesalahan karena hanya mengandalkan rasio dan pikiran semata untuk menghadang ketakutan tersebut seperti :

1. Membuat image bahwa dirinya tidak takut  akan tetapi malah dicibir orang lain karena menunjukkan ketidakberdayaannya 
2. Datang minta perlindungan kepada makhluk akan tetapi malah diperas. 
3. Membuat arogansi (show power) dimasyarakat akan tetapi justru berakhir dijeruji besi
4. Dll


Solusinya sudah ada didalam Al Quran surat Ali Imran 173:

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ




Artinya :  Orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung".


Dari ayat diatas Allah memberikan solusi bila ketakutan datang dengan cara membaca


حَسۡبُنَا ٱللَّهُ وَنِعۡمَ ٱلۡوَكِيلُ


Artinya : “…Allah cukup bagi kami. Dia-lah sebaik-baik yang diserahi urusan”. 


Janji Allah ketika kita membaca kalimat ini dengan iman dan yakin akan pertolongan Allah, terangkum dalam ayat setelahnya


انْقَلَبُوا بِنِعْمَةٍ مِنَ اللَّهِ وَفَضْلٍ لَمْ يَمْسَسْهُمْ سُوءٌ وَاتَّبَعُوا رِضْوَانَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ ذُو فَضْلٍ عَظِيمٍ


Artinya : Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.


Demikian Janji Allah didalam al Qur’an didalam menyelesaikan problematika kehidupan manusia, dan janji Allah pastilah benar. Semoga kita bisa mengamalkannya dengan mendawamkan (istiqomah) didalam berdzikir, sehingga kita tidak menunggu ketakutan baru berdzikir (kita baca) akan tetapi bagaimana dzikir terbut mampu memberikan solusi ketika perasaan takut itu datang.


Baca secara Istiqamah insyaallah hidup kita semakin mendapatkan pertolongan Allah SWT


حَسۡبُنَا ٱللَّهُ وَنِعۡمَ ٱلۡوَكِيلُ


Wallahu a’lam


By In’amul Choiri

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah,semoga bermanfaat buat kita semua,khususnya bagi alfaqir,syukron pak ustad (guru sekaligus orang tua bagi keluarga saya)

    ReplyDelete