Pilih Bahasa

Friday 10 March 2017

Membaca Surat Al Fatihah Setiap Memulai Tilawah Al Qur'an


KAJIAN Ke#4 Risalatul Qoriin


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ , أَمَّا بَعْدُ

Sahabat-sahabat Qur’ani HQ yang dirahmati Allah SWT

Pada kajian ini akan disampaikan mengenai suratul fatihah dibaca ketika memulai membaca al Qur’an, didalam memulai membaca al Qur’an kita disunnahkan membaca ta’awwud atau istiadzah.

Untuk lebih sempurnanya disamping baca ta’awwudz ketika kita memulai membaca al Qur’an maka awali juga dengan membaca suratul fatihah. Surat al fatihah ini mempunyai banyak nama sebanding dengan banyaknya keutamaan yang terkandung didalam surat ini.

Sebut 2 (dua) saja nama suratul fatihah yaitu dinamakan fatihatul kitab (artinya pembuka kitab) sehingga dengan membaca suratul fatihah dengan harapan pintu rahmat terbuka bagi kita semua. Dan juga dinamakan al kaafiyah (artinya mencukupi) sehingga dengan membaca suratul fatihah maka aktifitas kita menjadi mencukupi atau dengan kata lain menjadi tidak cukup suatu aktifitas kebaikan didalamnya, bila tidak dibacakan suratul fatihah. Untuk itu ketika memulai membaca al Qur’an setelah baca ta’awwudz sebaiknya lengkapi  dengan membaca suratul fatihah.

Didalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Diceritakan dari sahabat Abdullah bin Abbas r.a ketika beliau duduk diluar rumah bersama malaikat Jibril, beliau melihat pintu langit terbuka. Dilihatnya malaikat mendatangi beliau yang sebelumnya tidak pernah turun sebelum hari itu dan malaikat ini berkata :

أَبْشِرْ بِنُورَيْنِ أُوتِيتَهُمَا لَمْ يُؤْتَهُمَا نَبِيٌّ قَبْلَكَ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ وَخَوَاتِيمُ سُورَةِ الْبَقَرَةِ لَنْ تَقْرَأَ بِحَرْفٍ مِنْهُمَا إِلَّا أُعْطِيتَهُ

“Bergembiralah wahai Muhammad dengan adanya 2 cahaya yang  dianugerahkan kepadamu, belum pernah ada nabi sebelummu yang dianugerahi ini yaitu fatihatul kitab (suratul fatihah) dan akhir dari surat al Baqarah, tidaklah engkau membaca  satu huruf dari kedua surat ini kecuali menjadi sebab engkau diberikan cahayanya”

Sehingga dengan membaca suratul fatihah didalam memulai membaca al Qur’an maka harapannya adalah aktifitas kita diridloi oleh Allah SWT dan kita dimasukkan dalam kelompok orang-orang yang beruntung dan dipenuhi hajat-hajat kita dunia akhirat.

Hal ini diperkuat lagi dengan hadist qudsi diriwayatkan oleh imam Muslim didalam kitab jami’usshoghir
Yang kurang lebih artinya : Allah mengatakan kepada malaikat Israfil, dengan keagunganku, dengan kesucianku dan kemualianku wahai Israfil siapa saja yang membaca suratul fatihah satu kali, maka aku akan mengampuni dosanya, menerima apa yang baik darinya, menghapus kesalahannya, menjaga lisanya dari neraka dan diselamatkan dari adab kubur dan adab neraka dan lebih besar lagi maka dia akan dapat bertemu denganku .

Subhanallah, melihat begitu banyak keutamaan dari membaca suratul fatihah maka kebaikan kita menjadi diterima oleh Allah SWT sehingga kita membaca al Qur’anul karim insyaallah akan mendapatkan pahala yang besar. 

Suratul fatihah itu kita baca secara sempurna dan ditutup dengan bacaan sebuah bacaan doa yaitu  (آمِينَ)  Semoga Allah Mengabulkan”, Bacaan (آمِينَ) bukan termasuk bagian dari suratul fatihah akan tetapi kita disunnahkan membaca ketika mengakhiri surat al fatihah.

Dan lebih Sempurna lagi kalau setelah selesai membaca suratul fatihah didalam memulai tilawah al Qur’an disambung dengan doa:
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ .  آمِينَ

Ya Allah Ampuni dosaku, dosa kedua orang tuaku dan orang-orang Mukmin. Semoga Allah Mengabulkan.

Jadi Bacaan sempurnanya ketika kita memulai membaca al Qur’an adalah :

أَعُوْذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم , بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ , الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم , مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ  , اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ .  آمِينَ

Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan ketika kita bertilawah al Qur’an. Aamiin

Wallahu a’lam.

By In'amul Choiri

No comments:

Post a Comment