Pilih Bahasa

Wednesday 29 March 2017

Cara Sujud Tilawah ketika Membaca al Qur'an di dalam Sholat maupun diluar Sholat



  
     KAJIAN Ke#7 Risalatul Qoriin

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ , أَمَّا بَعْد

Sahabat-sahabat qur’ani HQ yang dirahmati Allah SWT

Sujud Tilawah, Sujud tilawah ini hukumnya adalah sunnah. Ketika kita membaca al Qur’an menemukan ayat ayat sajadah maka disunnahkan sujud tilawah. 

Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Huraira r.a, berkata Abu Hurairah :

سَجَدْنَا مَعَ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم فِي   إِذَا اَلسَّمَاءُ اِنْشَقَّتْ  
و اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ

Artinya : “Kami sujud bersama rasul ketika sampai pada ayat idzassamaaun syaqqat dan iqra bismirabikalladzi kholaq

Kemudian ada hadist lagi yang diriwayatkan oleh imam Bukhori yang dicantumkan dalam kitab Muwattho’ Imam Malik dari jalur sahabat Umar bin Khattab, 

يَا أَيُّهَا اَلنَّاسُ إِنَّا نَمُرُّ بِالسُّجُودِ فَمَنْ سَجَدَ فَقَدْ أَصَابَ  وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْ  
 فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ
Artinya : “Wahai para manusia sesungguhnya kita akan melewati tempat sujud atau ayat ayat tilawah, barang siapa yang sujud tilawah maka benarlah dia dan barang siapa tidak melakukan sujud maka tidak berdosa.”

Dari beberapa hadist diatas maka para ulama menghukumi melakukan sujud tilawah adalah sunnah. Barang siapa melakukan maka dia akan mendapatkan pahala akan tetapi barang siapa tidak melakukan maka tidak berdosa.

Didalam al Qur’an ayat-ayat sajadah ini sudah diberikan tanda (biasanya diakhir ayat ada tanda bentuk masjid (۩) atau disamping kiri/kanan al Qur’an ayat sajadah  ada keterangan ayat sajadah).

Bacaan sujud tilawah ketika kita membaca ayat sajadah didalam sholat 

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ  
أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang membentuknya, yang membuat pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.”

Cara pelaksanaan sujud tilawah didalam sholat adalah bila membaca ayat al Qur’an menemukan ayat sajadah ini (sampai diakhir ayat sajadah ini) 

1. Langsung melakukan sujud 1 kali dengan membaca bacaan seperti yang diatas, setelah selesai sujud tilawah maka kembali berdiri untuk melanjutkan bacaan ayatnya (bila ayat sajadah tidak diakhir bacaan yang dikehendaki)

2. Atau bila ayat sajadah itu diakhir surat maka setelah selesai sujud kembali berdiri (tunggu sampai thuma'nina yaitu sempurna berdirinya) dan bisa melanjutkan gerakan sholat berikutnya yaitu rukuk dan seterusnya melanjutkan kekurangan sholat seperti biasa.
 
Akan tetapi bila kita membaca al Qur’an diluar sholat, Cara melakukan sujud tilawah adalah

 1. Tetap disunnahkan melakukan sujud tilawah dengan bacaan seperti yang diatas kemudian dilanjutkan membaca al Qur’an ayat berikutnya (tempat sujud dan kondisi memungkinkan)

 2. Akan tetapi bila kondisi tempat sujud tidak memungkinkan maka sujud tilawah bisa diganti dengan bacaan kalimat tasbih:
 
سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَ لآ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ X3

Ditutup dengan bacaan
وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العلى العظيم

Setelah itu dilanjutkan dengan ayat setelahnya.

Semoga pengetahuan Ulumul Qur’an mengenai ayat-ayat sajadah ini yang di hukumi sunnah dapat kita fahami, dapat kita mengerti dan kita amalkan ketika kita membaca al Qur’an baik itu didalam sholat maupun di luar sholat. Aamiin

Wallahu a’lam

By In'amul Choiri



No comments:

Post a Comment