Pilih Bahasa

Thursday 30 March 2017

Keagungan dan Keutamaan surat Al Ikhlas



Surat al Ikhlas merupakan salah satu dari surat didalam al Qur’an dengan segudang keutamaan dan keagungan , hal ini merupakan salah satu kebaikan dan rahmat yang diberikan Allah kepada hambanya melalui al Qur’an.

Surat al Ikhlas termasuk makkiyah dan mempunyai 4 ayat diturunkan untuk menjawab dan memberikan penjelasan mengenai sifat sifat Allah SWT. Surat ini menetapkan dalam diri kita akan keesaaan Zat Allah. Dinamakan surah Al-Ikhlas (Tauhid yang sebersih-bersihnya) kerana dalam surah ini Allah swt memerintahkan junjungan besar Rasulullah saw supaya menegaskan kepada semua manusia bahwa Allah SWT adalah dzat yang tiada satupun yang sebandingan denganNya.

Surat al Ikhlas mempunyai banyak nama (20 nama) sebanding  dengan keagungan dari surat ini :


1. Al Ikhlas karena membicarakan khusus Sifat Allah

2. At Tanzil karena diturunkan untuk memberikan penjelasan mengenai sifat tuhan yang tidak ada sesuatupun yang menyamainya

3. At Tajrid karena membicarakan sifat sifat Allah yang tidak ada pada makhluk

4. At Tauhid karena menunjukan ketauhidan kepada Allah

5. An Najah Karena mampu menyelamatkan pembacanya dari neraka

6. Al Wilayah karena barang siapa selalu bersinggungan padanya maka Allah akan menjadikan kekasihnya 

7. An Nisbah karena menjawab pertanyaan, Nisbahkan (jabarkan) kepada kami mengenai tuhanmu ?

8. Al Ma’rufah karena Allah yang memberikan pengetahuan pemahaman mengenai sifat sifatnya 

9. Al Jamal karena menunjukkan atas keindahan Allah SWT 

10. Al Muqasyqasyah karena membebaskan dari syirik dan nifaq 

11. Al Muawwadat karena menjaga pembacanya dari fitnah dunia dan akhirat

12. As Shomad karena ada penyebutan lafadz ini

13. Al  Asas karena menunjukan pokok pokok nya agama

14. Al  Mani’a karena menjaga dari fitnah kubur dan adzab neraka

15. Al  Mukhtadlor karena malaikat hadir ketika surat ini dibacakan 

16. Al  Munfiroh karena syaitan lari tunggang langgang ketika dibacakan ayat ini 

17. Al  Bara’ah karena membebaskan dari syirik

18. Al  Mudzakkarah karena pengingat hamba tentang keihklasan bertauhid

19. An Nur karena menerangi hati 

20. Al Insan karena ketergantungan  manusia dengannya dalam segala aktifitasnya

     Beberapa keutamaan surat al Ikhlas:

    1. Barang siapa membaca surat al Ikhlas 50x maka dimpuni dosanya 50 tahun (HR Darimi dan Tafsir Qurtubi)

2. Barang siapa membaca surat al Ikhlas 10x maka dibangunkan istana baginya disurga, membaca 20x dibangunkan 2 istana disurga, membaca 30x maka dibangunkan 3 istana di surga (HR Darimi dan  Tafsir Qurtubi)

3. Barang siapa yang membaca surat al Ikhlas disaat sakit kemudian meninggal karena sakitnya maka tidak mendapatkan fitnah kubur (jasadnya tidak membusuk), dan aman dari kesempitan  kubur, dan akan di bawa oleh malaikat dihari kiamat  melewati jembatan sirat ke surga (HR Abu Nu’aim dan Tafsir Qurtubi)

4. Barang siapa membaca surat al Ikhlas 1 kali maka baik baginya, barang siapa membaca 2x maka baik baginya dan keluarganya, barang siapa membaca 3x maka baik baginya, keluarganya dan seluruh tetangganya,  barang siapa membaca 12x maka dibangunkan 12 istana disurga, barang siapa membaca 100x maka Allah menutup dosanya 50 tahun, barang siapa membaca 200x maka Allah akan menutup dosanya 100 tahun, barang siapa membaca 1000x maka tidak akan meninggal sebelum melihat tempatnya disurga (HR Ibnu As Syakir dan Tafsir Qurtubi)

5. Barang siapa akan memasuki rumah yang didalamnya ada orang maka hendaknya dia mengucapkan salam, barang siapa memasuki rumah sedangkan didalamnya tidak ada orang maka hendaknya dia mengucapkan salam dan membaca surat al Ikhlas 1x maka Allah akan memberikan keluasan rizki dan kemanfaatan bagi sekelilingnya (Tafsir Qurtubi)

6. Barang siapa membaca surat al Ikhlas 1x maka seakan akan telah membaca 1/3 al Qur’an, barang siapa membaca surat al ikhlas 2x maka seakan akan telah membaca 2/3 al qur’an, barang siapa membaca al qur’an 3x maka seakan akan telah membaca al Qur’an seluruhnya dan barang siapa membaca 10x maka akan dibangunkan rumah dari permata merah disurga.
 
Semoga kita bisa mengamalkan secara istiqamah membaca surat al Ikhlas setiap hari minimal 3x sehari atau sesuai kemampuan dan keinginan kita yang penting bisa didawamkan (istiqamah). Menjaga keistiqamahan jauh lebih disenangi didalam beramal sholeh.

Wallahu a’lam .
Semoga bermanfaat

By In’amul Choiri

No comments:

Post a Comment