Pilih Bahasa

Thursday 13 April 2017

Sabar dan Sholat Sebagai Penolong



Mutiara Al Qur’an surat al Baqarah 45

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'
Meng-Alqur'an-kan pribadi kita, meng-Alqur'an-kan akhlaq kita

Imam Suyuti  menafsirkan ayat ini ditujukan kepada muslim. Maksudnya : Wahai semua Orang islam, apa saja perkara yang membuat kamu bisa meningkatkan amalan Agamanya Allah hendaklah kalian cari dengan jalan sabar dan sholat dan perlu diketahui bahwa sholat adalah perkara yang berat dilakukan kecuali bagi orang orang yang khsusu’ hatinya dan yang condong baktinya kepada Allah SWT.

Agama Allah itu merupakan rangkaian dari 3 aktifitas : Islam (Bersyahadat, mendirikan sholat, Mengeluarkan zakat, Berpuasa dan Haji bila mampu), Iman  (Percaya kepada Allah, malaikat, Kitab, Rasul, Hari Akhirat dan qadla dan qadarnya Allah SWT) dan Ikhsan (Beribadah seakan melihat Allah, akan tetapi sesungguhnya Allah yang melihat dan mengawasi kita). Menjalankan rangkaian agama ini tidaklah mudah, disamping berat pelaksanaannya akan tetapi  diperlukan juga ilmu yang tidak sedikit dan rumit, maka Allah memberikan petunjuk agar berhasil dalam beragama yaitu dengan cara sabar dan sholat.

Kenapa harus sabar ??? Setiap orang islam tentunya  mengerti  tujuannya jadi muslim yaitu mengabdi kepada Allah (beribadah) didalam pelaksanaannya tentu ada hal-hal yang tidak sejalan dengan hawa nafsu (yang inginnya enak terus) maka harus mampu menahan hawa nafsu tersebut.  Misalnya harus bangun jam 4 pagi sholat jama’ah subuh jama’ah ini akan bertentangan dengan hawa nafsu yang ingin melanjutkan tidur, Mengeluarkan Zakat ini akan bertentangan dengan hawa nafsu yang pingin uang dimilikinya. Maka diperlukan Sabar agar Ridlo Allah diraih sehingga menjadi manusia yang mulya yang tidak pernah takut dan sedih menjalankan kehidupan di dunia ini. Tanpa sabar akan sulit diraih menjalankan amalan Agama ini.

Dan ketika menjalankan sabar hendaknya dibarengi dengan sholat 

Mengapa harus Sholat ???  Sholat jalan mencapai kesempurnaan di dalam menjalankan agama. Karena di dalam sholat adalah sarana dzikrullah yang agung , mengingat besarnya rahmat Allah dan mengingat besarnya siksa . Bila ingat rahmat Allah maka akan berdampak taat kepada Allah dan bila mengingat siksa Allah maka tidak akan berbuat maksiat. Tentunya  sholat dengan melakasanakan syarat dan rukunnya, adab adabnya terutama adab batin yaitu khusu’ tawaduk dan ta’dim. Misalnya : Ketika sholat mengucapkan “ Allahu Akbar” Allah yang maha besar, dirinya kecil tidak akan membanggakan dirinya  apalagi menentang  firman Allah SWT. Ketika dia menentang Allah maka dia segera sadar dan kembali kepada Allah SWT karena takut kebesaran Allah SWT. Ini baru lafad Takbir “Allahu Akbar” yang direnungi apalagi semua bacaan di dalam sholat.

Dengan sabar dan sholat akan  mendapatkan pertolongan Allah, Hal inipun telah dicontohkan nabi Muhammad ketika beliau dalam kondisi susah, bersedih maka belia langsung mengerjakan sholat untuk meraih pertolongan Allah SWT.

Wallahu a’lam

By In’amul Choiri

No comments:

Post a Comment