Pilih Bahasa

Friday 7 April 2017

Meraih Pertolongan dengan Istighfar (Nuh 10-12)



Allah SWT yang menciptakan seluruh makhluk di dunia, tidak hanya mencipta saja akan tetapi sekaligus memberikan segala fasilitas didalamnya termasuk petunjuk di dalam mencapai kehidupan yang baik.

Bagaimana Allah menyampaikan informasi kepada hambanya dalam surat Nuh ayat 10 untuk memperbanyak istighfar karena

1. Manusia tempatnya salah dan lupa maka sudah seharusnya meng istighfari dirinya setiap saat karena setiap saat itu juga mempunyai potensi berbuat salah
2. Menjadikannya sebagai hamba Allah yang bersih dari dosa sehingga dapat lebih dekat lagi dengan sang kholiknya

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

Artinya :  maka aku katakan kepada mereka:  “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun.”

Dari ayat diatas Allah menginformasikan kepada kita agar gemar membaca istighfar. Berbagai macam model istighfar mungkin sudah sampai pada kita dan kita bisa mengamalkannya salah satu model atau beberapa model istighfar yang kita senangi.

 Akan tetapi saya lebih cenderung untuk memakai model istighfar seperti pada ayat ini yaitu:

اسْتَغْفِرُ اللَّهُ -  إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا 

Saya Mohon Ampun kepada Allah Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun

Istighfar ini kita diminta untuk membacanya dan  tentunya sekaligus  disuruh memperbanyak baca istighfar  karena manusia senantiasa potensi salah setiap saatnya. Allah akan memberikan karunia bagi yang memperbanyak istighfar sesuai dengan kelanjutan ayat dalam surat ini (ayat 11)


1. Turun hujan rahmat dan berkah
يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

Niscaya Allah akan akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, hujan yang akan membawa rahmat bagi masyarakat dan lingkungannya serta hujan yang membawa keberkahan.

a. Petani dapat melakukan usaha pertaniannya dan perkebunannya dengan baik
b. Peternak dapat mengelolah usaha peternakannya dengan baik sehingga menghasilkan hasil yang baik
c. Usaha usaha penunjangnya pun ikur bergerak sehingga masyarakat akan mendapatkan manfaat yang besar dari diturunkannya hujan tersebut.
 
Bukan hujan yang membawa madlorot seperti : datangnya banjir, terjadinya tanah lonsor, rusaknya sarana dan prasarana yang diakibatkan karena hujan.

Inilah pertolongan Allah  SWT bagi hambanya yang memperbanyak membaca istighfar.

Disamping itu juga Allah Menambahkan karunianya terangkum didalam kelanjutan ayat (ayat 12) 

2. Harta yang melimpah, Anak yang banyak dan karunia dunia akhirat
 
وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

a. Dan Allah membanyakkan harta, Harta adalah sesuatu yang disenangi oleh manusia. Insyaallah harta yang diberikan oleh Allah adalah harta yang akan menuntun pemiliknya menjadikan sarana untuk ibadah dan mendekatkan diri kepada sang kholiknya. 
b. Dan Allah membanyakkan  anak-anakmu, Anak adalah harta yang tak bernilai yang diberikan oleh Allah SWT  dan anak yang diberikan adalah yang menjadikan penerus didalam usaha untuk beribadah kepada Allah SWT, apalagi diberikan dalam jumlah yang banyak. Subhanallah dan akan menjadi investasi yang akan senantiasa menguntungkan bagi orang tuanya meskipun sudah kembali kepada Allah SWT 
c. Dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. Dua Komponen penting bagi seorang hamba didunia (tanah dan Air) sebagai sumber dan symbol  kemakmuran dan  diakhirat mendapatkan surge yang didalamnya mengalir sungai sungai.
 
Begitu luar biasanya pemberian Allah SWT kepada hamba hambanya yang mengakui  dan memohon ampun akan kesalahannya. Senantisaa memperbaiki diri untuk membersihkan diri atas dosa dosa yang dilakukannya dan usaha maksimal didalam mencapai ridlonya.
Ayo kita istiqomakan memperbanyak baca (sebanyak banyaknya tentunya sesuai dengan kemampuan kita masing masing)

 اسْتَغْفِرُ اللَّهُ -  إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
Wallahu a’lam

By In’amul Choiri

No comments:

Post a Comment