Pilih Bahasa

Tuesday 4 April 2017

Jurus agar selamat dari ke-Dzolim-an Seseorang (al Ghofir 44-45)



Dijaman yang kemajuan teknologi sangat pesat kadang kita melihat justru kemajuan teknologi dipergunakan tidak pada tempatnya, Kejahatan bisa dibuat sedemikian rupa sehingga seakan akan kejahatan tersebut yang benar. Berita Hoax berkeliaran sehingga kadang kita tidak bisa membedakan mana orang yang sedang di dzolimi atau yang sedang mendzolimi. Yang salah dipuja puja seakan menjadi pahlawan sedangkan yang benar di bully habis-habis-an karena berita (informasi) yang diputar balik (HOAX) yang di anggap informasi yang benar.

Akhirnya orang yang seharusnya ditolong karena didzolimi akan tetapi justru dihakimi. Agama islam adalah rahmatallil ‘alamin pantang baginya menebarkan informasi HOAX. Akan tetapi kadang perjalanan menjadi manusia baik, mengajak orang menjadi baik menurut al Qur’an tidak mendapatkan tempat yang sesuai bahkan menerima cacian, tekanan ataupun diperlakukan dengan Dzolim karena ada “OKNUM” yang khawatir terhadap kemaksiatan dan kemungkaran yang dijalaninya yang mungkin “Menghasilkan uang” akan binasa.

Untuk itu al Qur’an membekali agar kita seorang Mukmin mendapat perlindungan dari perbuatan curang orang lain atau perbuatan dzolim orang lain seperti dalam surat Ghofir/al Mu’min ayat 44:

فَسَتَذْكُرُونَ مَا أَقُولُ لَكُمْ ۚ وَأُفَوِّضُ أَمْرِي إِلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Artinya : Kelak kamu akan ingat kepada apa yang kukatakan kepada kamu. Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya

Dari ayat diatas maka kita diminta untuk berdzikir atau membaca kalimat agar terhindar dari kecurangan orang lain.

وَأُفَوِّضُ أَمْرِي إِلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَصِيرٌ بِالْعِبَاد

Artinya : “…Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah

Allah menjanjikan solusinya yaitu terangkum dalam ayat sesudahnya al Ghofir 45:

فَوَقَاهُ اللَّهُ سَيِّئَاتِ مَا مَكَرُوا ۖ وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ

Artinya : Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Fir'aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk.

Inilah al Qur’an yang diturunkan sebagai solusi segala keterkaitan dengan manusia, dan akan senantiasa sesuai sepanjang jaman. Kita dawamkan (istiqamakan) membaca kalimat :

وَأُفَوِّضُ أَمْرِي إِلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَصِيرٌ بِالْعِبَاد

Insyaallah kita akan terjaga dari Orang yang berbuat curang kepada kita atau berbuat dzolim kepada kita. 

Jangan tunggu mendapatkan kecurangan  baru berdzikir akan tetapi dengan berdzikir kita akan terlindungi. Insyaallah !

Semoga kita bisa mengamalkannya. Aamiin

Wallahu a'lam

By In amul Choiri

No comments:

Post a Comment